Helper Dozer Pekerja PT.Dwima Group Tewas Terjepit Kayu .

by -4,953 views

Parlemenrakyat.id, Katingan – Seorang helper dozer tewas disebuah perusahaan Hak Pengusahaan Hutan ( HPH) PT. Dwima Group Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah Minggu(11/04/2021) sekitar pukul 15.30 wib.

Korban yang diketahui bernama Cahyadi (20) tewas setelah terhimpit pangkal potongan kayu dilokasi blok kerja PT. Sarana Piranti Utama (SPU) merupakan salah satu perusahaan yang ikut bergabung dengan HPH PT. Dwima Group.

“Tiba-tiba ada potongan kayu terguling kearah kami berdua pada saat saya sedang melakukan pemotongan kayu yang lain”, ujar Bambang (operator senso) salah seorang rekan kerja korban yang ditemui didepan klinik PT. Dwima Group, Minggu malam (11/04/2021) pukul 22.15 wib.

Rekan kerja korban menuturkan potongan kayu yang terguling adalah sisa pangkal kayu yang ia potong dan berukuran diameter kurang lebih 75 cm dan panjang 150 cm, sebelum terguling posisi sisa pangkal kayu lebih tinggi dan berjarak tidak jauh dari tempat yang sedang ia kerjakan bersama korban.

“Pada saat memotong, posisi korban berada disamping saya, saya tidak tahu kalau potongan kayu itu terguling dengan sendirinya kearah kami dan langsung menghantam kami berdua, saya terjatuh kearah pokok kayu yang saya potong, saya langsung bangun dan kaget melihat korban terhimpit diantara potongan pangkal kayu yang terguling dengan kayu yang sedang saya potong saat itu” terang Bambang

Setelah mengetahui korban terjepit, ia langsung minta bantuan dengan rekan kerja lainnya Weldi (26) yang tidak jauh dari tempat kejadian. Weldi (operator Dozer) langsung menuju lokasi kejadian dan melihat hogmennya terjepit oleh kayu.

“Saya mau geser kayu yang menghimpit korban pakai Dozer tapi saya takut kalau terjadi apa-apa saya tertuduh karena saya lihat Hogmen saya sudah meninggal”, ungkap Weldi.

Tanpa pikir panjang Weldi langsung bergegas menuju Camp yang berjarak sekitar 20 km dari tempat kejadian untuk minta pertolongan. Sementara Bambang tetap menunggu di lokasi kejadian sampai pertolongan datang. Sekitar pukul 18.00 wib Weldi dan rekan kerja dari camp tiba di tempat kejadian dan langsung mengevakuasi korban untuk dibawa Ke Base Camp PT. Dwima Group Di Desa Tumbang Manggu.

Terkait kejadian ini kami konfirmasi kepihak Polsek setempat masih belum bisa menjawab terkait kronologis kejadian ini.
“Pihak kami belum memintai keterangan mas, nanti saja sama pak Kanit langsung”, ungkap Bripka Ali. (Lambok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.