Abah Yoyo Himbau Masyarakat Adat Jaga Tradisi Leluhur Meski di Era Modern

by

LEBAK, PARLEMENRAKYAT.id – Seren Taun Kasepuhan Cisitu 2024 sebagai upaya menjaga tradisi leluhur dan menjaga stabilitas pangan masyarakat.

Seren Taun merupakan upacara adat panen hasil padi masyarakat Sunda yang sering dilakukan tiap tahun nya selama satu tahun sekali.

Kasepuhan Adat Cisitu, Abah H. Yoyo Yohenda Als Abah Uta Bin Alm Olot HM Okri memaparkan, bahwasanya upacara adat tersebut _“Seren Taun”.red_ akan berlangsung dengan penuh khidmat dan penuh kekhusyuan.

“Seren Taun sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Sunda, karena pada umumnya sebagai masyarakat agraris (penghasil pemeliharaan tanaman dan tanah pertanian) “, jelas Kepala Adat yang terkenal ramah tersebut, Sabtu, (22/7/2024).

Kepala Adat Cisitu yang akrab disapa Abah tersebut menjelaskan rentetan acara Seren tahun pada 2024 yang sedang berlangsung.

Menurut Abah Seren Taun 2024 dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2024 hingga 29 Juli 2024, dengan susunan agenda acara Seren Taun Kasepuhan Cisitu sebagai berikut

1. NUTU PARE RASUL:

Merupakan salah satu rangkaian pembuka yang menandai dimulainya acara Seren Taun di Kasepuhan Cisitu. Acara ini biasanya khusus dilaksanakan oleh masyarakat adat wanita.

2. PASAR MASYARAKAT:

Merupakan salah satu kegiatan yang selalu ada setiap tahunnya dalam acara seren taun.

Pasar masyarakat yang dimaksud karena banyaknya para pedagang baik dari masyarakat adat Cisitu maupun masyarakat luar Cisitu yang memperjualbelikan barangnya.

Untuk kemudian pada acara ini dikembalikan ke baris kolot untuk disempurnakan dari segala kemungkinan kesalahan yang dilakukan selama melakukan pekerjaan.

3. BALIK TAUN SANI BULAN:

Merupakan salah satu rangkaian acara dalam seren taun yang digunakan sebagai sarana ‘pelaporan’ dari masyarakat adat kepada pemangku adat / baris kolot mengenai pekerjaan selama kurun waktu satu tahun yang dilakukan baik di darat, di hutan, maupun di air.

4.TAHLILAN / SALAMETAN:

Merupakan salah satu rangkaian acara dalam seren taun yang diisi dengan acara tahlilan dan selamatan yang bertujuan untuk memohon kelancaran pelaksanaan Seren Taun dari Allah SWT dan para leluhur di Kasepuhan Cisitu.

5. NGAREREMOKEUN:

Merupakan salah satu rangkaian acara dalam seren taun yang bertujuan untuk nyugemakeun (menghibur / menyenangkan) nyai sri (padi) yang akan ditetapkan di tempatnya yaitu leuit (lumbung padi).

Acara adat ini identik dengan diiringi dan dimeriahkan oleh angklung, dogdog lojor, dan kawih.

Secara singkat ngareremokeun berisi dua makna yaitu direremokeun ( oleh jatnika secara sacral oleh baris kolot) dan diraramekeun (oleh berbagai seni tradisional)

6. SIRAMAN ROHANI:

Merupakan salah satu acara dalam rangkaian seren taun Kasepuhan Cisitu yang diisi dengan ceramah oleh pemuka agama dan tokoh adat yang dihadiri oleh masyarakat adat

7. TURUN RONA / UPACARA ADAT NGANGKAT:

Merupakan salah satu dalam rangkaian acara seren taun yang bertujuan untuk memberitahukan kepada mahluk-mahluk yang hidup berdampingan dengan manusia bahwa umat manusia akan melaksanakan rangkaian acara yang ramai sehingga diharapkan agar pelaksanaan acara dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

Dalam acara ini biasanya dimeriahkan oleh berbagai seni tradisional seperti angklung, buhun, beserta penarinya yang kemudian diikuti oleh para masyarakat adat secara riang gembira.

Dimulainya acara ini biasanya ditandai dengan berbagai bunyi-bunyian alat musik dan pesta kembang api.

8. HIBURAN / SENI MODERN:

Merupakan salah satu acara dalam seren taun yang diisi dengan seni modern seperti dangdut, lawak, dll. Hiburan ini biasanya digelar sejak siang hingga malam hari.

9. TURNAMEN BOLA VOLLY:

Merupakan salah satu acara olahraga yang diselenggarakan oleh pemuda, pemudi, dan masyarakat yang mempunyai hobi yang dalam bidang olah raga bola volly yang bertujuan untuk memeriahkan rangkaian acara seren taun.

Untuk memeriahkan acara biasanya disediakan berbagai hadiah serta turut mengundang club-club bola volly dari luar

Cisitu. Turnamen olah raga ini biasanya berlangsung sejak siang hingga malam hari

10. SARESEHAN DAN PAWAI BUDAYA.

Merupakan acara puncak dalam rangkaian acara setiap Seren Taun di Kasepuhan Cisitu. Acara ini biasanya dibuka dengan pawai budaya yang dilakukan oleh masyarakat adat dengan membawa berbagai hasil pertaniannya.

Acara pawai budaya biasanya turut dimeriahkan oleh berbagai seni tradisional seperti angklung buhun, debus, rengkong, serta seni modern drumband.

Setelah acara pawai budaya selesai dilakukan, bisanya dilanjutkan dengan saresehan yang diisi dengan berbagai upacara adat seperti sawer buhun, netepkeun hasil tatanen, dan ampih pare ka leuit. Rangkaian acara biasanya ditutup dengan agenda temu wicara dan ramah tamah antara masyarakat adat dengan pihak pemerintah.

11. SENI JAIPONG DAN WAYANG GOLEK:

Merupakan salah satu hiburan tradisional yang selalu ada dalam pagelaran seren taun Kasepuhan Cisitu setiap tahunnya.

“Acara ini berlangsung dari sore hingga malam hari, serta ramai dihadiri undangan dari beragam element”, tutup Abah Yoyo.

“Adapun puncak pelaksanaan pada hari Sabtu & Minggu tanggal 27-28 Juli 2024,”timpal Abah H. Yoyo Yohenda Als Abah Uta Bin Alm Olot HM Okri dengan senyum ramah. (Jamal)

No More Posts Available.

No more pages to load.