Bogor,PARLEMENRAKYAT.id-Projek Profil Pelajar Pancasila menjadi sasaran kurikulum disatuan pendidikan tahun ajaran 2022 hingga 2024,yang mana kegiatan pelaksanaan dengan melakukan penguatan dari 6 Dimensi yang harus di fahami baik para pendidik serta terserap kepada anak didik sehingga sasaran tersebut tercapai.
Kepala SDN Ciriung 03,Euis Ida Farida memberikan penjelasan dalam pelaksana an Kurikulum Merdeka yang dipimpinnya.
“Kurikulum Merdeka dibagi 3 pilihan yakni: Mandiri Belajar, Mandiri Berubah,Mandiri Berbagi yang mana penguatan projek Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan secara mandiri,berbeda dengan sekolah pengerak yang memang ada kontribusi/pembiayaan dari pemerintah maupun stockholder,dan saat ini sekolah kami memilih Mandiri Berubah walaupun masih melaksanakan KurTilas dalam kegiatan belajar bagi kelas 2,3,5 dan 6 sedangkan kelas 1 dan 4 kurikulum Merdeka,dimana esensi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila(P5)kami terapkan dalam kegiatan ditiap kelas” ungkap Farida diawal, kepada media ini diruang kerjanya,Selasa( 6/9/2022).
“Dari 6 Dimensi P5 ini,kami mengambil 2 turunan/tema yang akan dilakukan yakni: Gotong Royong dan Kebhinekaan karena perlu tahapan dalam pemahaman setiap fase pelaksanaan P5 ini,pada dasarnya penerapan ini sudah kita lakukan walau dalam bentuk kontek yang berbeda,yang mana saat kita sekolah dulu sudah ada Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)bahkan saat pengangkatan kedinasan P4 harus diterapkan,mungkin ini merupakan bagian dari mengingatkan kembali agar para pendidik ,siswa dan orang tua serta masyarakat untuk lebih lagi memahami dalam P5, kembali diterap kan di satuan pendidikan”jelasnya.
“Implentasi yang diterapkan memberikan pemahaman kepada anak didik, 2 tema yang kita pilih saat ini agar anak didik terbentuk secara karakter dalam toleransi, kerjasama,menghargai orang lain,sikap peduli atas orang lain juga lingkungan,lalu memahami keragaman budaya yang ada di bangsa Indonesia dengan tradisi yang memiliki ciri khas berbeda baik bahasa, makanan dan baju adat,kami melakukan kegiatan penguatan di dua tema ini serta juga kecakapan dan ketrampilan.
“Dalam Projek Profil Pelajar Pancasila membutuhkan dukungan dari orang tua didik agar sasarannya tercapai dan kami sosialisasikan melalui Komite serta program sekolah sehingga para orang tua didik berperan dalam perkembangan dan melihat perubahan karakter anak mereka sehingga penerapan terlihat,hal ini terlihat saat memperingati HUT Kemerdekaan ke 77 dimana orang tua mengambil peran dalam acara tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa- jasa Pahlawan serta memeriahkan nya juga bekerjasama memberikan hadiah dan doorprice bagi anak-anak didik dan ini menjadi contoh yang sudah diterap kan”papar Kepala sekolah.
Demi pencapaian sasaran kurikulum pihak sekolah melakukan pelatihan baik secara internal dan eksternal bagi tenaga pendidik juga melalui KKG sehingga secara SDM terpenuhi,dimana siswa didik di SDN Ciriung 03 sebanyak 386 siswa/i.
Kepala sekolah juga menyampaikan beberapa sarana penunjang yang menjadi perhatian Dinas pendidikan, yakni kondisi lapangan sebagai sarana upacara ,Ruang Perpustakaan yang lantai keramik amblas, serta mebeler yang dibutuhkan karena sudah banyak rusak.Diharapkan pihak sekolah hal ini dapat segera direalisasikan dalam pemenuhan standar pendidikan.(L1M)