UJI KOMPETENSI TAKHFIDZ di FULLDAY SCHOOL MUTUBA

by -513 views

BANGKALAN, PARLEMENRAKYAT.id – Muhammadiyah memang masyhur dengan Pendidikannya yang sangat mumpuni, tak terdandingi, tersebar seantero negeri, menyeluruh dari berbagai jenjang dan program studi, melesat jauh meninggalkan ambang batas kemampuan insani menjadi andalan bagi pertiwi. Demikian juga terjadi di pulau Garam yang ini.

Tepat pada hari ini, Jum’at 14 Januari 2022, SD. Muhammadiyah 1 Bangkalan atau yang lebih terkenal dengan sebutan Fullday School ini menyelenggarakan Uji Takhfidz tahap 1 yang diikuti oleh 28 Peserta calon Hafidz-Hafidzah di Bumi Cakraningrat tersebut. Para peserta telah mendaftarkan diri sekitar dua bulan sebelumnya untuk bisa ikut menjadi peserta uji Takhfidzul Qur’an tersebut. Dan harus masuk ke ruang ujian 15 menit sebelum tes dimulai hari ini.

Tes Uji kemampuan calon Hafidz-hafidzah ini berlangsung selama dua hari 14-15 Januari 2022 bertempat di gedung baru aula Fullday School SDM. 1 Bangkalan Madura Jawa Timur. Adapun tim penguji beserta dengan panitia yang berjumlah 20 orang pilihan itu menyeleksi satu per satu para calon Hafidz-Hafidzah sejak pagi hari sampai selesai sehingga berhasil Lolos pada tahap pertama ini sebanyak 13 Calon Hafidz-Hafidzah dari SD. Mutuba 1 Bangkalan.

Tes Uji Kemampuan ini akan dilanjutkan kembali esok pagi ditempat yang sama dengan jenis dan type ujian yang berbeda. Pada tahap II ini setiap calon Hafidz-Hafidzah akan diuji oleh empat orang penguji, jadi satu anak akan diuji oleh empat orang tim penguji secara langsung dan berurutan. Mereka harus mampu melewati tes dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari para tim penguji untuk bisa berhasil dan lolos menjadi seorang Hafidz atau Hafidzah.

Ajang bergengsi di fullday School Mutuba 1 Bangkalan ini diselenggarakan setiap tahun dari setiap angkatan dan merupakan salah satu syarat kelulusan yang dipatok oleh SD. Mutuba tersebut.

Tes Takhfidz kali ini dibuat dengan type yang agak berbeda dari sebelum-sebelumnya, sehingga anak memiliki pengalaman berbeda pula, untuk menghafal itu bukanlah hal yang sulit, namun menjaga dan mempertahankannya itulah yang sangat sulit. Diharapkan anak dapat mempertahankannya sampai kelak menghadap ke Ilahi Robbi bahkan sampai menyematkan Mahkota kepada kedua orang tuanya di Akhirat kelak, Terang Ibu Qonitatun, S. Pd.I. Ketua Tim Penguji Tahun 2022 ini.

Bagi peserta yang berhasil Lolos menjadi seorang hafidz cilik berhak mengikuti wisuda takhfidz dan berhak memperoleh sertifikat sebagai seorang hafidz-hafidzah yang akan diselenggarakan pada bulan April 2022.

BTHQ (Baca Tulis Hafalan Qur’an) merupakan salah satu program unggulan yang ada di SD. Muhammadiyah 1 Bangkalan ini, dan sangat diharapkan lulusan dari sekolah Muhammadiyah selalu seimbang antara kemampuan Iptek dan Imtaq nya. Terang Kepala Sekolah Ibu St. Cholilah, S. Pd.

Selamat kepada para peserta yang lolos uji Takhfidz tahap 1, perjuangan masih panjang dan masih belum selesai, siapkan diri kalian melewati berbagai sesi ujian demi ujian berikutnya. Salam Sukses dari media PARLEMENRAKYAT.id untuk para mutiara bangsa yang terpendam diujung barat Pulau Garam ini. Sukses selalu.

( Agus L )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.