Pidato Perdana Bupati Nias Terpilih Periode 2021-2024 Pada Sidang Paripurna DPRD kabupaten Nias

by

NIAS, PARLEMENRAKYAT.id – Bupati Nias Yaatulo Gulo SE, SH, M.Si, Sampaikan Pidato pertama Pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara Selasa 15/06/2021

Dalam pidatonya, ia Mengawalinya dengan mengajak semua tamu undangan untuk menghaturkan ucapan syukur, hormat dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan anugerah kasih-Nya, sehingga pada kesempatan tersebut dapat bertemu pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias.

Kemudian lanjutnya ia mengatakan bahwa
Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021 yang lalu, telah terlaksana Pengambilan Janji Jabatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Hasil Pemilukada Serentak Tahun 2020 oleh Gubernur Sumatera Utara.

Rangkaian kegiatan setelah pengambilan janji jabatan dan pelantikan adalah
pelaksanaan serah terima jabatan dan
penyampaian Pidato Pertama pada Sidang Paripurna DPRD sesuai dengan surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 130/289 tanggal 19 Januari 2021 perihal Pengesahan dan Pengangkatan serta Serah Terima Jabatan.

Bupati Nias menambahkan bahwa Agenda Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias yang kita ikuti bersama pada hari ini, pada hakekatnya merupakan kewajiban konstitusional perdana Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasca pengambilan janji jabatan dan pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024 sebagaimana yang diamanatkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan yang sama ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Nias dan kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, komitmen dan kepercayaan kepadanya untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024. Ini adalah amanah yang menuntut tanggung jawab dalam memberhasilkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias ini, ungkapnya.

” Saudara Pimpinan dan Anggota DPRD yang kami hormati,
Untuk melaksanakan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024, kami berkomitmen untuk Kerja Fokus, dengan Visi ”Kabupaten Nias Maju”, dan Misi ”Trisakti Nias Maju”, yaitu: (1) Desa terakses, Ibukota terurus; (2) Kesehatan, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Beranjak; dan (3) Petani, peternak dan nelayan produktif.
Adapun strategi untuk mewujudkan misi tersebut adalah: (1) Sinkronisasi pembangunan desa dengan program pembangunan kabupaten; (2) Pengutamaan cost-benefit setiap Program Pembangunan; dan (3) Manajemen SDM pemerintahan yang berbasis kinerja.
Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan visi dan misi tersebut bukanlah pekerjaan mudah, terlebih-lebih apabila dikaitkan dengan keterbatasan anggaran atau keterbatasan kemampuan keuangan daerah dan keterbatasan sumber daya yang ada. Untuk itu, kita perlu kerja fokus dan tuntas, serta berbasis outcome, sehingga program dan kegiatan bermanfaat dan berdampak langsung pada kehidupan masyarakat.” Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Nias.

” Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami mohon dukungan, kerjasama, keterlibatan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, terlebih-lebih dukungan dari Pimpinan dan Anggota Dewan Yang Terhormat. Dukungan dan kerjasama tersebut menjadi energi positif dalam memberhasilkan pencapaian visi dan misi yang akan dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sekali lagi, kami mohon dukungan dan kerjasama dari Dewan Yang Terhormat, sehingga pada gilirannya rencana program dan kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi dapat tercapai yang bermuara pada keberpihakan terhadap kepentingan rakyat, sebagaimana adagium latin yang menyatakan: ”Salus Populi Suprema Lex”, artinya ”Kepentingan Rakyat adalah Hukum.” Pungkasnya.

Fon zebua

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.