Penindakan Tegas Bagi Pelanggar Overload. Sat Lantas Polres Kobar Rutin Gencarkan Razia. 

by -86 views

KOBAR, PARLEMENRAKYAT.id – Polres Kobar – Giat Satgas Preventif Satlantas Polres Kobar tindak tegas Kendaraan muat barang dengan muatan berlebih yang melintas di wilayah hukum Polres Kobar dengan muatan yg notabanenya sangat membahayakan pengguna jalan lainnya, Rabu pagi (09/03/2022).

kami tindak tegas dan akan mendapatkan tindakan langsung atas pelenggaran tersebut. Hari ini tepatnya di seputar wilayah hukum Polres Kobar Jl. Ahmad Yani melintas kendaraan ODOL tersebut, mohon maaf harus dan wajib kami tindak tegas.
Pemberlakuan adanya tilang atau tindakan langsung terhadap angkutan barang yang membawa muatan berlebih atau overload dan melebihi batas ketentuan (over dimensi).
Atensi penindakan terhadap kendaraan bermuatan lebih (ODOL), merupakan atensi pimpinan dan cenderung dirasa sangat berbahaya bagi pengguna jalan lainnya karena kendaraan overload tersebut yang kelebihan dimensi ini memicu kerugian materi akibat kerusakan jalan.
Ujar Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Bayu Wicaksono S.H., ,S.I.K., M.Si. melalui Ps. Kasat Lantas Polres Kobar Iptu Bayu Caesaria Tri Hardiyanto, S.T.K., S.I.K.

Seperti kita ketahui bersama banyak kendaraan besar yang overload yakni terkait produktifitas. Operator atau perusahaan ingin hemat sehingga membawa barang melebihi kapasitas angkut. Oleh karena itu kendaraan mobil barang overload lebih banyak di jalan sehingga kelebihan dimensi dan muatan itu dapat memicu kerugian materi yakni kerusakan jalan.
Kami Satlantas Polres Kobar melaksanakan hunting system dengan sasaran pelanggaran kasat mata dan pelanggaran lalu lintas serta kendaraan besar muatan terbuka angkut barang berlebih akan dilakukan penindakan terhadap truk angkutan barang yang membawa muatan berlebih atau overload tindakan dimaksud tidak lain dengan tujuan menekan angka laka lantas.

pasal-pasal yang terkait.
Pasal 169 UU Lalu Lintas:
(1) Pengemudi dan atau perusahaan angkutan umum barang wajib mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan, dan kelas jalan.
(2) Untuk mengawasi pemenuhan terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan pengawasan muatan angkutan barang.
Pasal 307 UU lalu Lintas: setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaiama dimaksud dalam pasal 169 (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.
(M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.