Pemerintah Desa Gunung Putri Laksanakan Latihan Gabungan Tanggap Bencana

by -241 views

Bogor, Parlemenrakyat.id – Latihan Gabungan dalam rangka untuk Penambahan Kapasitas kebencanaan bagi Rescue PADAKOJAR desa Gunung Putri di laksanakan selama dua hari,dimulai pada Sabtu(13-14/02/2021 ) bertempat Aula Desa Gunung Putri.

Dalam kegiatan tersebut para peserta di berikan berupa materi kelas pemantapan dalam penanggulangan bencana serta melakukan simulasi dilokasi Danau /Setu Gunung Putri,dimana waktu kegiatan jam 10.00 sampai dengan selesai sesuai jadwal kegiatan.

Adapun materi kelas adalah:Water Rescue,
-Vertical Rescue,P3K,-Komunikasi,-Damkar agar peserta mendapatkan pemahaman tentang perlengkapan dan penggunaannya saat menghadapi situasi bencana terjadi juga faham fungsi ketika dibutuhkan.

Bukan hanya materi pembekalan yang di berikan pada peserta, tetapi dilanjutkan dengan praktek dan simulasi dilapangan untuk sejauh mana para peserta mampu menggunakan alat(perlengkapan) serta fungsi kegunaannya ketika dibutuhkan dan memahami kondisi maupun kejadian yang dialami.

“Tujuan dari kegiatan yang dilakukan ialah
mengenal penggunaan perlengkapan awal dan fungsi kegunaan perlengkapan secara dasar pada saat di butuhkan, khususnya dalam hal kebencanaan serta sekaligus membentuk jiwa Sumber Daya Manusia (SDM ) untuk selalu siap, cekatan serta mampu bertindak dalam penanganan saat kondisi-kondisi darurat bila mana di perlu kan”papar DamanHuri Kepala desa Gunung Putri

“Hal ini juga merupakan pembekalan bagi
generasi muda yang ada diwilayah Gunung Putri terutama Karang Taruna,masyarakat maupun organisasi yang ada diwilayah desa kami,agar menambah wawasan juga termotivasi dengan dilakukannya kegiatan latihan gabungan ini”tambah Kepala desa menjelaskan.

Dimana kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan pemerintah kecamatan Citeureup ,yang mana Ridwan Said selaku Camat hadir dalam kegiatan latihan gabungan tersebut.

Adapun yang ikut serta dalam kegiatan Latihan gabungan penambahan kapasitas kebencanaan:- PemDes Gn Putri,-LPM Ds Gn Putri,-Relawan Karang Taruna Kec Citeureup,-Karang Taruna Ds Gn Putri,-PMI Kab.Bogor,-DamKar Kab Bogor,-ORARI Kab Bogor,-TAGANA Kab Bogor,-Lingkar Hijau,-
JagaWana,-Linggih Alam;-PADAKOJAR,-Misi Kemanusiaan,-Des Tana Leuwinutug,- OSIS SMK AL’MURQONIAH,-Angkatan Muda Siliwangi,-LINTAS KOMUNITAS dan GEMAWANA desa Gunung Putri serta beberapa pemula yang juga ikut serta.

Harapan besar dengan adanya Pelatihan Gabungan Penambahan Kapasitas Kebencanaan dapat memotivasi Generasi muda dalam memahami juga menggali potensi diri serta siap menjadikan SDM yang mampu serta Tangguh.(L1M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.