KETUA PMB MEWASPADAI ADANYA SEMANGAT BARU DARI KELOMPOK RADIKALISME DI KOTA BOGOR ATAS KEMENANGAN TALIBAN DI AFGANISTAN

by -185 views

BOGOR, PARLEMENRAKYAT.id – Ketua Pergerakan Mahasiswa Bogor (PMB) Aldi Rachmat S.Ip mewaspadai adanya gerakan – gerakan baru yang membuat kelompok radikalisme terpengaruhi oleh kemenangan taliban di Afganistan yang akan mempengaruhi masyarakat Kota Bogor.

Aldi mengatakan, tidak akan secara langsung membuat gerakan radikal di Indonesia menjadi lebih kuat. Namun, aparat keamanan dan para pihak terkait tetap harus melakukan antisipasi.

Kendati demikian, menurut Aldi, peristiwa ini bisa memotivasi kelompok radikal untuk membuat negara Islam. “Spirit atau semangat untuk menciptakan negara Islam tentu bisa termotivasi, walopun secara tidak langsung tetap harus kita waspadai demi ketentraman negara” imbuhnya.

Harapan kita bersama  pemerintah, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat harus bisa terus menjaga ketentraman kebhinekaan ideologi kita
pancasila dengan cara terus sosialisasikan agar kelompok radikalisme tidak dapat mempengaruhi masyarakat khususnya di Kota Bogor ini.

Diketahui, kelompok Taliban mengambil alih kepemimpinan nasional di Afganistan, dan segera memproklamasikan berdirinya Negara Islam Afghanistan. Taliban adalah kelompok fundamentalis Islam yang pernah memerintah Afghanistan pada 1996-2001. Pemerintahan Taliban terguling setelah Amerika Serikat (AS) bersama sekutu melakukan invasi.

Aksi militer itu digelar karena kelompok Taliban memberikan perlindungan kepada Al-Qaeda dan pemimpinnya, Osama bin Laden, dalang serangan teror dengan sasaran World Trade Center dan Pentagon, Amerika Serikat, 11 September 2001.

Beberapa bulan belakangan, Taliban meningkatkan agresi terhadap pemerintahan Afganistan, menguasai perlintasan perbatasan sekaligus memperluas kedudukannya di seluruh negeri. Kemudian, Taliban berhasil menguasai Ibu Kota Kabul, pada 15 Agustus 2021.

Reporter : Red

Editor : P. Zebua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.