Festival Dayung Menuju Persiapan Kejuaraan Nasional Dayung 2022

by -83 views

CILIWUNG, PARLEMENRAKYAT.id – Kejuaraan Nasional dayung 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 8-20 Desember 2022 bulan ini, bertempat di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat. PB PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) yang diketuai oleh Basuki Hadimuljono yang juga menjabat sebagai menteri PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) Republik Indonesia menggagas sebuah acara yang bertajuk “Festival Dayung Ciliwung”. (04/12/2022).

Bertujuan menggugah kesadaran bagi masyarakat akan lingkungan dan kebersihan, yang dikaitkan dengan sarana olahraga dayung harus diadakan, yaitu “air”, dimana sungai dapat menjadi tempat sarana olahraga serta menjadi objek event yang diperlombakan bahkan kejuaraan.

Dalam rangka peringatan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke-21 di Indonesia. PT.Jakarta Tourisindo (JakTour) atau JKB (Jakarta Experience Board) yang menjadi penyedia fasilitas ajang festival ini,ikut memberikan konstribusi dalam kegiatan dan terlaksananya “Festival Dayung Ciliwung 2022”.

Direktur utama PT JakTour, Novita Dewi, menyatakan merasa bangga karena Badan Usaha Milik Negara(BUMN) yang bergerak di bidang pariwisata ini, turut terlibat dalam suksesnya moment ini. Dengan menurunkan 80 buah perahu kano, dimana dihadiri beberapa pejabat dalam kegiatan pelepasan perahu tersebut, yang dimulai dari titik point meet awal (lokasi start) di Pintu Air Manggarai seputaran rusun Pasar Rumput dan titik finish di dermaga stasiun BNI City yang menempuh jarak sekitar dua kilometer(2 km).

Acara dilepas oleh Pjs.Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, berserta menteri PUPR/Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono juga sponsor yang dilibatkan serta pemprov DKI Jakarta yang mendukung acara,ini merupakan wujud apresiasi sebagai warga negara yang turut peduli akan kelestarian alam dan lingkungan, dalam hal ini adalah sungai.

Dimana sungai sebagai sumber air bagi sekitar yang sangat diperlukan dalam pemanfaatannya,Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai yang membelah tengah kota Jakarta,yang sejak dahulu memiliki sejarah yang mengiringi perkembangan kota Jakarta serta saksi keberadaan ibukota negara Indonesia ini. Diharapkan melalui acara ini, kepedulian masyarakat dalam memelihara kebersihan sungai untuk tidak memperlakukan sungai dengan seenaknya seperti membuamg sampah atau limbah berbahaya kedalam sungai dan menjadikan Ciliwung sebagai contoh bagi semua sungai di Indonesia yang keberadaannya harus tetap terus dijaga.

Secara simbolis Pjs.Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR/Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono melepas perahu kano,serta meninjau langsung sambil menaiki perahu yang ada,menyusuri sungai sepanjang dua kilometer sambil juga melakukan aksi dengan membersihkan sampah di sungai dan kesiapan Festival pra event Kejurnas Dayung tersebut, dimana semua jenis cabang olahraga dayung (kayak, canoe, rouwing dan Stand Up Paddle) akan dilombakan di Kejurnas nanti.

Sesungguhnya tujuan dari acara ini adalah mengenalkan kepada masyarakat tentang olahraga dayung, sekaligus menyadarkan masyarakat akan pentingnya memelihara kebersihan sungai.

“Keunikan dari acara ini, semua peserta menggunakan pakaian adat dari seluruh nusantara, Mereka menggunakan pakaian etnik daerah sebagai cerminan rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap kekayaan budaya tanah air Indonesia.

“Kegiatan seperti festival cabang olahraga, sebaiknya selalu diadakan dan lebih dimasyarakatkan. Sehat, sukses, semangat kepada para atlit dayung dan khususnya para atlit Stand Up Paddle yang semakin berkembang di tanah air, yang akan mulai tergabung pada Kejurnas Dayung dan PON yang akan datang”, ucap Hilda salah satu peserta festival dengan wajah sumringah dan antusias.(L1M/Deb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.