Camat Leuwiliang Hadiri Launching Samisade Desa Leuwi Mekar .

by -452 views

BOGOR, PARLEMENRAKYAT.id – Pelaksanaan program bantuan keuangan pembangunan infrastruktur desa yang populer disebut program Samisade, mampu memberdayakan masyarakat desa terutama yang tinggal di sekitar lokasi kegiatan program tersebut.
Hal ini diungkapkan Kepala desa Leuwi mekar kecamatan Leuwiliang kabupaten Bogor May Sumarno saat ditemui awak media di lokasi Launching Samisade kampung Pagelaran RT02 RW05 Kamis (26/8/21)
Dia menjelaskan dari pelaksanaan program tersebut, selain terasa adanya manfaat fisik terbangunnya infrastruktur desa juga berdampak perputaran ekonomi di desa. “Masyarakat sekitar kami libatkan sebagai pekerja, karena dalam program ini sesuai arahan kecamatan digunakan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD)” ,jelas May Sumarno.

Selain itu Kades menjelaskan, untuk TPT sepanjang 280.M, Lebar 1,5.m dengan ketebalan 0,4 semua pembelanjaan barang material juga dari warga sekitar. Kecuali untuk aspal hotmix Jalan Lingkungan, pihaknya harus belanja ke salah satu perusahaan plat merah di Kabupaten Bogor agar terjamin ketersediaan barang serta kualitasnya.
“Alhamdulillah, meski baru 40 persen program ini berjalan namun sangat terasa manfaatnya oleh warga masyarakat”, ujar May Sumarno.

Di Tempat yang sama Camat Leuwiliang H.Daswara Sulanjana SH mengatakan , Samisade merupakan program yang bertujuan mendongkrak perekonomian desa, “Proyek pembangunan jalan ini di kerjakan dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat.Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat di saat pandemi Covid- 19 “, ujar Camat.

Lebih lanjut Camat mengingatkan bahwa pelaksanaan Program Samisade ini harus berjalan sesuai aturan yang sudah ada ,”Untuk pekerjaan saya minta sesuai arahan teknis dari dinas ter­kait. Sementara tujuan pembangunan harus sesuai arahan Bupati Bogor Ade Yassin” ,ujarnya.
Untuk diketahui Samisade merupakan inisiasi Bupati Ade Yassin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan yang dananya berasal dari APBD Kabupaten Bogor

Reporter : BEBY

Editor : P. Zebua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.