Bhabinkamtibmas sebagai DA’I Kamtibmas Dalam Rangka Pencegahan Karhutla

by -153 views

PALEMBANG, Parlemenrakyat.id – Kepala Staf Korem (Kasrem) 044/Gapo Kolonel Inf Grandy Mangiwa, menghadiri acara pembukaan pelatihan peningkatan kemampuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai Da’i dalam kamtibmas dan pencegahan Karhutla, kamis (18/3/2021).

“Kegiatan pembukaan pelatihan ini bertempat di Ruang Rekonfu Gedung Promoter Polda Sumsel Palembang.Yaitu kegiatan Pembukaan Pelatihan peningkatan Kemampuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai Da’i Kamtibmas dalam Pencegahan Karhutla, yang diikuti 35 personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta 17 (tujuh belas) Satwil yang mengikuti secara vicon zoom.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM, Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol. Rudi Setiawan, S.I.K, SH, MH, Kasrem 044/Gapo, Kolonel Inf Grandy Mangiwa, Irwasda Polda Sumsel, Kombes Pol. Drs. M. Indra Gautama Msi, Kepala BPBD Prov. Sumsel, diwakili oleh Kasi tanggap, Wibowo, SPd. SKM. M.Kes, Ketua MUI Prov. Sumsel, Prof Dr KH, Aflatun Muchtar, Ketua PHDI Prov. Sumsel, I Wayan Sumitra, Ketua PGIW Prov. Sumsel, Bagus Panjaitan S.Th, Kakanwil Kemenag Prov. Sumsel, diwakili oleh Kabid Urais Kemenag Prov Sumsel Drs. H. Kusrin, MM.

“Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutannya sekaligus pembukaan kegiatan Pelatihan peningkatan Kemampuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai Da’i Kamtibmas dalam Pencegahan Karhutla menyampaikan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan dibekali kemampuan sebagai Da’i, dalam mensosialisasikan kepada Masyarakat di wilayahnya masing-masing, serta sebagai ujung tombak dalam mengantisipasi Karhutlah, Mendorong, Menggugah, Mempengaruhi dan Membangkitkan, kesadaran Masyarakat akan akibat dari pembakaran hutan dan lahan,”tuturnya.

“Pangdam juga mengatakan, “Mempengaruhi Masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, di Daerah wilayah sesuai agamanya masing-Masing, peran yang terbatas diharapkan akan dapat membantu penyadaran terhadap Masyarakat, sehingga akan mengurangi bencana kebakaran hutan dan lahan,”imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas guna memberikan edukasi dan penerangan melalui pendekatan Agama Kepada Masyarakat agar Masyarakat sadar dan tidak terlibat dalam kegiatan Karhutla serta bersama sama untuk mencegah terjadinya Karhutla di Wilayah. Prov Sumsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.