Akses Jalan SDN 078515 HILIMBAROZO Kabupaten Nias Butuh Perhatian Pemerintah

by

NIAS, MPR. id. -Sekolah Dasar Negeri hilimbaruzo yang berada dilingkungan dusun IV, kecamatan idanogawo kabupaten Nias membutuhkan perhatian dari Pemerintah.

Didasari dari pemantauan awak media Parlemenrakyat.id pada( 11/02/2021) saat mengunjungi sekolah tersebut terlihat jelas jarak yang harus ditempuh kelokasi sekolah dari jalan umum,membutuhkan waktu yang cukup melelahkan bagi para siswa maupun para guru pendidik untuk sampai ke lokasi sekolah sehingga keterlambatan sering terjadi bagi guru untuk mendidik serta anak didik masuk kelingkungan sekolah.

Ditambah belum terpenuhi beberapa sarana dan prasarana penunjang Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) yang merupakan bagian dari delapan Standar Pendidikan.

Fa’ano.Waruwu salah satu guru pendidik di SDN Hilimbaruzo mengatakan bahwa “kami sangat terkendala dengan akses jalan menuju sekolah dimana jarak yang kami tempuh sepanjang 4 KM dengan berjalan kaki jauhnya dan menyebabkan kami kelelahan saat datang dan pulang dalam melaksanakan tugas kami sebagai pendidik serta sering terlambat masuk ke lingkungan sekolah apalagi ketika musim hujan datang,dimana kendaraan roda dua sulit melalui akses jalan menuju sekolah” ucap Fa’ano menjelaskan.

“Sekolah kami masih butuh pembagunan lokal dan kantor guru, walaupun tiga lokal sudah diberikan oleh pemerintah Nias induk pada saat berdirinya sekolah ini, karena besar kemungkinan penambahan Siwa yang baru ditahun ajaran baru dan ruang kelas harus sudah dipersiapkan” terangnya

“Saat ini sebanyak 100 siswa yang di didik di SDN 078515 dengan 2 guru PNS,4 guru honorer dan1 orang GBD.serta dua lokal masih dalam tahap pembangunan saat ini, sekolah kami pun masih belum tersentuh listrik PLN, sampai saat ini”tambahnya

Harapan warga sekolah baik orangtua siswa maupun para pendidik,agar supaya Pemerintah mencarikan solusi terbaik atas akses jalan menuju sekolah agar jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh atau dibuat jalan alternatif(pintas) kemudian penambahan tenaga Guru pendidik.

Dengan disampaikan informasi maupun keluhan dari masyarakat sebagai Social Control melalui media ini, pemerintah maupun Dinas terkait dapat memberikan perhatian serta menanggapi dengan melakukan pengawasan dan pemantauan serta mengevaluasi kondisi yang dialami sehingga apa yang menjadi tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai.
(Fonahia zebua)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.